Search This Blog

Tuesday, September 26, 2017

Via Vallen: Transformasi Musik Dangdut Koplo




Sayang
Opo kowe krungu jerite atiku
Mengharap engkau kembali
Sayang
Nganti memutih rambutku
Rabakal luntur tresnaku

Mau diam-diam pura-pura jaim sekalipun, hampir semua orang indonesia yang hobi dengar musik, sedikit-banyak pasti tahu lirik lagu di atas. Sayang, lagu yang dipopulerkan Mbak Via Vallen ini telah jadi fenomena tersendiri di negeri kita sekarang, jadi viral istilahnya. Videonya di YouTube saja sudah lebih dari lima puluh juta kali ditonton. Pencapaian paling fantastis untuk lagu bergenre dangdut koplo.

Mbak Via Vallen, yang punya nama lengkap Maulidia Oktavia ini, bisa dibilang adalah penggebraknya transformasi dangdung koplo zaman sekarang, dari musik yang dianggap sebelah mata hingga jadi musik yang digemari banyak kalangan. Perempuan kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1991 ini telah mampu merubah imej musik dangdut koplo, dari musik kalangan menengah bawah, hingga kini telah jadi musik yang memeluk semua kalangan. Bukan hal baru lagi, jika sekarang banyak kafe-kafe atau pertunjukan musik papan atas menampilkan dangdut koplo.

Tentunya, jika kita mau jujur, para penyanyi dangdut koplo telah sering mendapatkan citra negatif dari berbagai pihak. Banyak nyinyir yang memberikan labelisasi “dagang susu” atau “goyang maksiat”. Dan hal itu diperparah dengan beberapa biduanita yang memang melakukan hal tersebut. Beberapa “itu” lebih banyak menjual “goyang maksiat” daripada kualitas suara atau pun kualitas perform yang apik di atas panggung. Jadi tidak heran lagi, jika para biduanita dangdut koplo kita kebanyakan telah dicap buruk oleh khayalak umum.

Namun, Mbak Via Vallen telah berhasil mematahkan stigma buruk tersebut. Apalagi disusul Mbak Nella Kharisma yang juga punya attiude berkarya yang baik juga. Suara mereka yang bening, gaya busananya yang smart, dandanannya yang elegan, plus goyangannya yang simpel-artsy, keseluruhannya tidaklah given dari langit. Performance demikian telah berproses sedemikian rupa melalui suatu “interaksi-nexus” (hal-hal yang meliputinya-dijalaninya), lalu jadi ciri khas mereka sekarang. Dan dari buahnya inilah dangdut koplo jadi fenomena yang viral di negeri ini. Mengangkat harkat dan martabat dangdut koplo.

Mbak Via Vallen bergelut dengan dunia tarik suara sejak kelas lima SD. Meski kini kondang sebagai penyanyi dangdut nasional, rupanya Mbak Via Vallen sangat menyukai genre musik pop rock sejak menginjak usia remaja. Grup band asal Amerika Serikat, Evanescence, dan penyanyi dengan dandanan nyentrik, Avril Lavigne adalah inspirasi Mbak Via Vallen.

Saking sukanya sama dua penyanyi luar negeri tersebut, Mbak Via Vallen kemudian merasa tertantang. Jika masyarakat Indonesia bisa menikmati musik barat, mengapa dangdut tidak bisa dikenal di luar negeri? Pertanyaan itulah yang ingin dijawab Mbak Via Vallen melalui musik-musiknya.

Sejak awal, Mbak Via Vallen tidak ingin meniru gaya “lama’’ penyanyi dangdut yang lain. Dia ingin tampil dengan style yang lebih segar, muda, dan modern. Gaya perempuan Korea yang dewasa, namun tetap imut atau sentuhan padu padan Harajuku ala Jepang menjadi rujukannya. Pemilihan gayanya itu ternyata sempat mendapat sedikit “tentangan’’ dari sang bunda, Rosida. Ibunya meminta Mbak Via memakai gaun-gaun supergemerlap hingga sepatu hak belasan sentimeter. Maklum, tren tersebut sedang menjadi gaya andalan penyanyi-penyanyi dangdut terkenal.

Berkat gaya berpakaiannya yang beda, muda, dan kualitas vokal yang prima, karir Mbak Via melambung. Tidak hanya berhasil menembus panggung nasional dan tampil di layar kaca, Mbak Via bahkan pernah diundang menyanyi ke luar negeri.

Mbak Via Vallen bahkan saat ini bisa dibilang sebagai salah satu “penguasa” panggung dangdut. Statusnya itu semakin dikokohkan dengan bejibun fans yang menggandrunginya. Para penggemar Mbak Via itu menghimpun diri dengan nama Vianisty. Pengukuhan suksesnya Mbak Via Vallen juga terjawab dengan memenangi beberapa penghargaan bergengsi, mengalahkan penyanyi kondang lainnya, seperti Mbak Ayu Ting Ting ada Mbak Zaskia Gothik.



Artikel ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia.
Semarang, Rabu, 27 September 2017



No comments:

Post a Comment

Inilah 5 Fakta One Piece yang Menarik dan Jarang Diketahui oleh Banyak Orang

Mungkin untuk para pecinta anime, banyak yang sudah mengetahui fakta tersembunyi dari One Piece. Namun, sebenarnya masih ada banyak lag...